iec image
BERITA & ARTIKEL
2014-08-12

INDONESIA INTERNATIONAL EXPO & CONVENTION CENTRE (IIECC), AREA EXPO 'HIJAU' TERBESAR DI JAKARTA

Indonesia International Expo & Convention Centre (IIECC) segera akan menjadi komplek expo 'Hijau' terbaru dan terbesar di Jakarta. Terletak di area kelas atas Jakarta Barat yaitu di pinggiran BSD (Bumi Serpong Damai) City, konstruksi telah dimulai dan siap untuk operasi awal tahun depan 2015.
Meliputi 22 hektar lahan dengan pembangunan 200.000 meter persegi, IIECC akan memiliki 10 ruang pameran besar 50.000 meter persegi dan 500.000 meter persegi ruang pameran luar lain. Tidak kurang dari 33 konvensi dan ruang pertemuan akan tersedia dengan kapasitas 10.000 delegasi. Melengkapi ini produksi pangan rumah, outlet F&B, tempat parkir untuk 3.000 kendaraan, dan sebuah hotel 300 kamar bintang tiga. 


Seluruh estate dibangun dengan konsep green building di lingkungan yang ramah lingkungan. Banyak bagian bangunan akan menggunakan kaca laminasi untuk low shading co-efficiency sehingga akan mengurangi konsumsi energi untuk AC, insulasi atap untuk mengurangi panas matahari di dalam dan penggunaan lampu LED di seluruh gedung. 


Akses ke IIECC juga sangat nyaman. BSD saat ini segera dapat diakses dari bandara Soekarno-Hatta International oleh Outer Ring Road Jakarta (JORR). Jalan-jalan tol baru untuk Jakarta Barat dan kota Bintaro, juga telah membuat mudah dan cepat untuk mencapai lokasi ini. Di kota baru ini yaitu di Kabupaten Tangerang, fasilitas terus tumbuh untuk memasukkan hotel, rumah sakit, lapangan golf dan country club, mal dengan pusat perbelanjaan dan restoran eksklusif banyak sekali. Didukung oleh ICE infrastruktur yang baik diharapkan menjadi one-stop untuk bisnis, pariwisata dan tentu saja Rapat, Konvensi dan Pameran Industri tujuan. 


Total investasi untuk proyek ini adalah Rp.3. 8 triliun, dan dimiliki oleh kelompok Kompas Gramedia melalui PT Medialand International dan Sinar Mas Land. Para pengembang telah menunjuk Deutsche Messe AG sebagai Operator, proyek yang akan dikelola oleh anak perusahaan mereka, Hannover Pameran Internasional. 
Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Indonesia International Expo Danny Budhiharto, mengatakan bahwa ia yakin dengan pesatnya pertumbuhan industri MICE di Indonesia, IIECC akan memenuhi kebutuhan pasar. Dengan ekonomi yang stabil di Indonesia ia yakin bahwa investasi tersebut akan menguntungkan kedua perusahaan dan industri. Kelompok ini diketahui telah dibangun sejumlah fasilitas konvensi di Indonesia, di antaranya Nusa Dua Convention Center di Bali. 


Pada pihaknya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menyambut baik pembangunan ini sangat dibutuhkan Convention dan Exhibition Center, karena akan memberikan tambahan 25 persen untuk ruang pameran negara. 


Fasilitas yang ada saat ini di Jakarta khususnya sudah hampir mencapai kapasitas penuh sehingga ruang tambahan sangat genting untuk memperluas Konvensi dan Pameran kebutuhan Indonesia. 


Sumber: indonesia.travel
iec image   PREVIOUS  |  NEXT   iec image