iec image
BERITA & ARTIKEL
2014-10-15
Giant Sea Wall akan selamatkan Jakarta dari banjir?

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan, pembangunan megaproyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau yang lebih dikenal dengan istilah giant sea wall (tanggul raksasa) adalah sebagai langkah pemerintah untuk menyelamatkan DKI Jakarta dari bencana banjir.

Giant sea wall, kata Djoko, merupakan upaya awal untuk memecahkan permasalahan, memulihkan, dan meningkatkan ketahanan lingkungan di Ibu Kota. Pemulihan dan peningkatan lingkungan di Jakarta juga berupa revitalisasi sejumlah waduk atau kolam retensi banjir dan pompa-pompa penampungan banjir serta peningkatan kapasitas sungai dan perbaikan muara sungai.

"Sepertiga dari panjang tanggul laut yang harus dibangun merupakan tanggung jawab langsung pemerintah dan sisanya akan dibangun oleh badan usaha swasta," kata Djoko dalam sambutannya saat peletakan batu pertama (ground breaking) megaproyek NCICD di rumah pompa Pluit bagian timur, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (9/10).

Dikatakan Djoko, agar tanggul laut yang akan dibangun secara terpadu tersebut dapat berfungsi dengan baik, pemerintah segera mengeluarkan kriteria desain yang menyangkut keamanan. "Antara lain, tentang desain tinggi gelombang untuk 1.000 tahun, tinggi elevasi mercu tanggul yang harus sama, serta mampu mengatasi problema kenaikan muka air laut dan penurunan tanah hingga 2030," ucap dia.

Selain hal tersebut, tim kerja NCICD juga telah menyiapkan alternatif-alternatif desain tanggul sesuai dengan penggunaan dan karakteristik masing-masing ruas pantai yang menjadi properti masyarakat. 

Di Balai Kota, Wakil Gubenur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pembangunan NCICD tipe A ini meliputi peninggian, penguatan tanggul, dan pemasangan pompa di sepanjang 33 kilometer garis pantai Jakarta. Menurutnya, pembangunan awal ini harus segera dilakukan untuk mencegah ancaman banjir yang diakibatkan pasangnya air laut (rob). "Jakarta ini banjirnya berasal dari dua sebab. Pertama, di wilayah utara berasal dari pasang laut dan selatan dari air hujan," ujar Basuki.

sumber: ekuatorial.com

iec image   PREVIOUS  |  NEXT   iec image