iec image
NEWS & ARTICLE
2012-02-21
Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro

Hydropower (hydro berartiair) merupakan energi yang terbentuk akibat gaya yang dihasilkan oleh air yangbergerak. Pergerakaan air merupakan bagian dari siklus alami yang berkelanjutanyang disebut dengan siklus air. Hydropower merupakan sumberenergi yang terbarukan karena selama siklus hidrologi masih berjalan, kitatidak akan kehabisan energi dari sumber yang satu ini.

Hydropower dapatdimanfaatkan sebagai pembangkit energi skala kecil maupun besar. Secara umum,pembangkit listrik tenaga air dapat dibedakan dari output listrik yangdihasilkan, yaitu:

Klasifikasitenaga hidro berdasarkan output tenaga yang dikeluarkan

Klasifikasi

Output Daya

Large – hydro

> 100 MW

Medium – hydro

> 15 – 100 MW

Small – hydro

> 1 – 15 MW

Mini – hydro

100 kW –  1 MW

Micro – hydro

5kW – 100 kW

Pico – hydro

100 W – 5kW

KW– kilo watt = 1000 watt

MW– mega watt = 1000000 watt atau 1000 kw

Salahsatu jenis klasifikasi dari hydropower adalah pico hydro. Picohydro memanfaatkan aliran sungai dari titik ketinggian tertentu yang bersifatramah lingkungan, murah dan aman. Pico hydro dapat menghasilkan daya listriksampai 5 kilowatt dan bisa menjadi salah satu solusi untuk alternatifpenyediaan listrik bagi daerah rural pada dataran tinggi yang tidak terjangkauoleh pelayanan PLN. Daya tersebut dapat digunakan untuk daerah pedalaman yangrata-rata hanya membutuhkan listrik dalam jumlah kecil (untuk penerangan dankebutuhan listrik rumah).

Pembangkitlistrik pico hydro ini terdiri atas beberapa bagian yaitu intake darisungai, pipa (penstock), turbin, generator, controller, dansistem distibusi elektrikal. Pada dasarnya, pembangkit listrik ini bekerjakarena limpasan sungai, artinya tidak dibutuhkan bendungan. Sebagai gantinya,digunakan pipa-pipa yang mengalirkan sebagian aliran sungai menuju ketinggiantertentu yang lebih rendah. Air kemudian akan melewati turbin sebelum akhirnyadialirkan lagi ke sungai.

Akibatenergi potensial air, sudut-sudut turbin pun berputar dan mengakibatkangenerator ikut berputar. Putaran generator ini akan menghasilkan listrik.Aliran listrik selanjutnya didistribusikan ke rumah-rumah penduduk menggunakankabel.

Dalambeberapa dekade ke belakang, terdapat pertumbuhan pemanfaatan energi airsebagai pembangkit listrik di negara berkembang. Kesadaran akan manfaat,efisiensi, dan nilai ekonomis yang ditimbulkan akibat pembangkit listrik skalapico ini juga telah meningkat. Pico hidro dapat mengambil peranan penting dalamperkembangan ekonomi di daerah rural yang jauh terutama pegunungan.

Author                                    : -

Date                                    :  21 February 2012

Reference                  :  -

iec image   PREVIOUS  |  NEXT   iec image